WiFi Everywhere…


Oleh: Hazim Ahmadi

Tren layanan pita lebar melalui jaringan nirkabel meningkat akhir-akhir ini karena berkembangnya Web 2.0, murahnya smartphone, social networking, perubahan budaya dan segala macam perubahan. Jaringan seluler dengan teknologi 3G nya, baik dari kelompok 3GPP maupun 3GPP2 pada kenyataannya tidak mampu mengakomodasi permintaan pelanggan. Boleh jadi di sudut kota besar jaringan 3G tersedia, namun dari segi kapasitas hanya mampu melayani pada waktu-waktu sepi seperti pagi subuh atau tengah malam, tidak pada waktu lainnya. Dari segi cakupan jaringan 3G hanya mampu menjangkau pelanggan di luar ruangan, namun mengalami gradasi penurunan kualitas sinyal yang hebat ketika memasuki ruangan apalagi di dalam gedung-gedung perkantoran, apartement atau hotel.

http://speedy-broadband.blogspot.com/2009/04/telkom-hotspot-in-pemalang.html

Menggelar 3G di segala tempat adalah berat bagi operator terutama dari segi site acquisition (sitac), penyediaan backhaul, dan biaya sewa frekuensi. Sitac adalah banyak isu di luar isu teknik, tetapi lebih pada isu sosial. Backhaul yang dapat menghubungkan base station (Node B) dengan jaringan core paling handal adalah jaringan kabel, namun tidak selalu tersedia ketika operator menginginkan. Sedangkan backhaul menggunakan radio gelombang mikro sudah sangat sesak terutama di dalam perkotaan sehingga sulit untuk pengaturan. Biaya sewa frekuensi 3G sudah mafhum bagi semua orang, sangat mahal, hingga sekitar 54 Milyar rupiah per tahun. Bandingkan dengan biaya sewa frekuensi untuk siaran televisi free-to-air (FTA).

WLAN yang sudah biasa digunakan solusi bagi lingkungan rumah dan kantor bakal punya masa depan yang menjanjikan. Standar IEEE 802.11 series sekarang banyak dilirik oleh operator telco untuk menjadi solusi bagi penyediaan layanan pita lebar. Kalau semula WLAN hanya digelar dalam skala kecil, maka untuk layanan umum harus digelar secara kelas operator. Segi kapasitas misalnya satu access point WLAN harus dapat menyediakan sesi beberapa pengguna baik dari satu operator maupun beberapa operator (berakibat pada kebutuhan jumlah SSID). Dari sisi manajemen, AP dari WLAN harus dapat dikendalikan oleh operator secara remote untuk mengetahui performansi AP tersebut.

Operator dapat menggunakan skema layanan berbayar maupun free. Misalnya di beberapa negara yang mengimplementasikan seperti di Swiss dimana menggunakan tiga kanal, yaitu dua kanal untuk free dengan bandwidth yang kecil sehingga aksesnya lambat disertai iklan dan satu kanal yang berbayar tetapi dengan kecepatan yang tinggi. Ternyata skema layanan seperti ini berjalan sukses.

Layanan WLAN kemungkinan digelar tidak seperti jaringan seluler, tetapi hanya di daerah atau area yang padat (hotspot). Jadi persyaratan hand off tidak terlalu penting di sini, yang penting di area publik tersedia jaringan WLAN sehingga orang yang sedang berada di area itu dapat melakukan akses layanan Internet. Selain itu WLAN yang ada di hotspot ini dapat dijadikan layanan off loading jaringan seluler. Pelanggan seluler yang sedang akses layanan data di jaringan seluler yang kebetulan berada di area hotspot WLAN ini dapat dipindahkan ke jaringan WLAN. Jaringan seluler ini tentunya punya perjanjian roaming dengan penyedia jaringan WLAN ini terlebih dahulu.

Jadi bersiaplah dengan WLAN everywhere. WLAN yang sering disebut Wireless Fidelity (WiFi) bakal digelar di mana-mana (hotspot area). WiFi Everywhere….

One thought on “WiFi Everywhere…

  1. hazimahmadi says:

    Last time I went to Singapore.
    Pernah punya pengalaman akses layanan WiFi di Singapore. Mereka menggunakan nama SSID Wireless@SG untuk layanan umum, dengan charge free tetapi kualitas yang buruk atau dengan SSID Wireless@SGx untuk layanan enterprise. Setelah pelanggan masuk maka akan diberikan opsi log on dimana pelanggan menggunakan account. Dapat pelanggan M1 atau Singtel atau Starhub atau menggunakan kartu IPASS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s