Oh Durian Yang Menggoda…


Malam itu Bandung sedang diguyur hujan lumayan deras, hingga terasa dingin dan sepi begitu tiba dari Jakarta. Jam di dashboard mobilku baru menunjukkan waktu 20:30-an, seingatku. Kejadian ini adalah sekitar awal tahun 2002, waktu aku masih sering bolak-balik rapat Jakarta-Bandung ketika Flexi baru dibangun. Sepulang dari Jakarta, ambil kendaraan di kantor menuju ke rumah, melewati jalanan sepi, sepanjang Gegerkalong Hilir hingga jalanan Cihanjuang Cimahi.

Sebetulnya pernah dikasi tahu oleh sopir taksi kalau lewat Ciwaruga malam-malam hati-hati, maklum pernah ada yang ditodong. Waktu itu sekitar Ciwaruga memang masih sepi, belum banyak rumah di samping kanan kiri jalanan. Tapi berhubung ingin cepat sampai di rumah, tetap saja aku tempuh jalanan itu. Maka ketika melewati jalan Ciwaruga yang belok ke kiri, bukan jalan tanjakan maut, yang kebetulan emang sepi, hujan, gelap dan dingin, aku injek gas dalam-dalam agar mobil melaju cepat. Namun di tengah turunan karena mungkin hujan cukup deras, genangan air cukup tinggi, sehingga laju mobil agak tertahan. Dan ketika terbebas dari genangan, aku lihat di tengah jalan ada sebuah durian yang cukup besar dengan warna agak kekuningan. Wah hujan-hujan gini ada durian ranum gitu di tengah jalan, pikiranku langsung berputar, jangan-jangan ada orang sengaja memasang agar pengendara yang lewat berhenti dan mengambil buah itu kemudian mereka bisa menodong. Maka aku hindari buah itu dan cepat-cepat aku tinggalkan tempat itu. Ah akhirnya aman juga aku dari ruas jalan itu.

Esok harinya, sore-sore ketika kebetulan pulang kantor aku lewatin jalan itu masih terang, aku periksa di sekitaran tempat itu. Oh ternyata di sebelah kanan jalan yang aku lewatin memang berdiri tegak pohon durian yang rindang dan sedang berbuah banyak. Oalah….ternyata durian yang semalam adalah memang durian beneran yang jatuh dari pohonnya karena sudah matang dan hujan menyebabkan buah tersebut runtuh. Bukan dipasang orang untuk umpan. Hehe….kirain…:-)

Leave a Reply

