CDMA2000 1X


CDMA (code division mutliple access) adalah teknologi wireless yang semula digunakan oleh kalangan militer kemudian digunakan sebagai teknologi komunikasi secara komersial.  Teknologi yang digunakan adalah digital dengan aplikasi original sebagai sistem seluler. Secara resmi CDMA menggantikan teknologi seluler analog seperti AMPS (Advanced Mobile Phone System) pada permulaan tahun 90an.

Negara-negara yang banyak mengadopsi teknologi ini adalah Amerika Utara, Tengah dan Selatan, kawasan Asia Pasifik termasuk Australia, Afrika, Timur Tengah dan Eropa Timur. Sekarang ini teknologi CDMA merupakan teknologi kedua terbesar di dunia yang digunakan sebagai sistem seluler setelah GSM (global system for mobile communication).

Apa Maksud 1X

Pada awalnya teknologi CDMA menggunakan standar IS-95 yang artinya masih interim. Layanan yang bisa diberikan adalah suara dan data kecepatan rendah. Kemudian berkembang kebutuhan akan komunikasi data, maka sistem CDMA dikembangkan sebagai teknologi yang mampu memberikan layanan data dengan kecepatan tinggi. Caranya yaitu dengan menggabungkan beberapa carrier frekuensi sehingga didapatkan total agregat data dengan kecepatan lebih besar dari semula. Maka dikenalah dengan CDMA 1x, 3X dan 5X.

Namun rupanya masalah frekuensi adalah masalah yang sangat serious. Makin ke sini sumber daya frekuensi menjadi semakin langka. Sehingga tidak banyak berkembang adopsi penggunaan teknologi yang membutuhkan banyak carrier. Maka dikembangkanlah teknologi CDMA2000 1X, yang artinya teknologi CDMA menggunakan protokol 2000, terdapat peningkatan control channel pada signaling air interface, dengan satu kali (1X) radio transmission.

EV-DO

Evolution Data Only (EV-DO) adalah pengembangan lebih advance dari CDMA2000 1X untuk komunikasi data. Satu carrier yang telah dialokasikan untuk EV DO tidak dapat digunakan lagi untuk layanan voice mode circuit namun masih memungkinkan untuk layanan voice over packet. Teknologi ini mampu memberikan data dengan kecepatan hingga 2,4 Mbps untuk rilis 0 dan hingga 3,1 Mbps untuk revisi A.

10 thoughts on “CDMA2000 1X

  1. hazimahmadi says:

    To Puput adi saputro,
    1. Mencari BER & Eb/No yang divariasikan dengan berbagai kecepatan user ( 0,30,30,60,90 km/jam). untuk menentukan threshold Eb/No nya

    hazim:
    Dalam CDMA tidak menggunakan BER tetapi FER (frame error rate). Eb/No untuk siapa, yang dicari? Karena Eb/No adalah yang dirasakan oleh user terminal spesifik. Tetapi standar cdma menggunakan treshold -14 dB. Jadi apakah mobile atau stationary, Eb/No adalah sama yaitu di-set nilai tersebut.

    2. Mencari Kapasitas Sistem dan througput pada sistem layanan suara dan data cdma 2000 1x , berdasarkan Eb/No threshold nya dan BER yg telah disimulasikan.
    hazim:
    Kapasitas sistem dalam satu sel cdma 1X bervariasi tergantung pada aktifitas suara dari user terminal yang menempati satu channel dalam walsh code. Bila aktifitas tinggi maka satu channel mengkonsumsi 9.6 kbps tetapi bervariasi sedemikian hingga terendah adalah 1.2 kbps, tergantung aktifitas pengiriman paket informasi yang dilakukan user. Dalam sistem 1X satu kanal frekuensi 1,25 MHz menghasilkan transmisi data sebesar 307.2 kbps. Bila satu kanal frekuensi tersebut digunakan untuk layanan suara semua maka akan didapatkan sebesar 307.2/satu channel user, dimana bisa 1.2 kbps hingga 9.6 kbps.
    Untuk data juga demikian namun akan ada binding beberapa kanal dalam walsh code sehingga satu user dapat mengkonsumsi n*9.6 kbps, yang akan dipengaruhi oleh Eb/No user tersebut dan trafik pengguna dalam sel tersebut.

    3. Mencari probabilitas droping akibat Interferensi dan daya yang diterima masing2 user (untuk penentuan Eb/No). Setelah Eb/No yg berbeda2 diketahui, maka apabila Eb/No < Eb/No threshold, panggilan tersebut didrop……….
    hazim:
    Standarnya memang demikian. Bila Eb/No user lebih kecil dari threshold pasti di drop, karena sistem dalam terminal tidak mampu mengkodekan ulang sinyal informasi yang diterima.

    salam,

    hazim

  2. Puput adi saputro says:

    Pa hazim saya mau diskus dengan bpk, terkait tesis yang sedang saya susun. Tesis saya berjudul analisis pengaruh mobilitas user terhadap sistem kinerja cdma 2000 1x.

    Fokus kepada :

    1. Mencari BER & Eb/No yang divariasikan dengan berbagai kecepatan user ( 0,30,30,60,90 km/jam). untuk menentukan threshold Eb/No nya

    2. Mencari Kapasitas Sistem dan througput pada sistem layanan suara dan data cdma 2000 1x , berdasarkan Eb/No threshold nya dan BER yg telah disimulasikan.

    3. Mencari probabilitas droping akibat Interferensi dan daya yang diterima masing2 user (untuk penentuan Eb/No). Setelah Eb/No yg berbeda2 diketahui, maka apabila Eb/No < Eb/No threshold, panggilan tersebut didrop……….

    mhn arahan dan penjelasannya pa hazim, oh iya jika ada bahan yang bs saya pelajari mhn saya minta ya pa.
    maaf merepotkan…. dan trims sebelumnya.

    Wass.Wr.Wb.

    Salam,

    Puput Adi Saputro
    085272516773
    puput_as@yahoo.com
    puput_as@postel.go.id

    • hazimahmadi says:

      – kecepatan data untuk cdma2000 1X rel.0 adalah 153,6 kbps per carrier sel sektor dengan layanan voice sekitar 35 user secara bersamaan.
      – kecepatan gprs adalah 115 kbps per carrier sektor/ tanpa ada layanan voice.
      – kecepatan edge adalah 384 kbps per sektor carrier, tanpa voice.
      – kecepatan 3g adalah bervariasi:
      > release 5 (hsdpa) : downlink 2 mbps, uplink 384 kbs
      > release 6 (hsupa) : downlink 2 mbps, uplink 2 mbps
      > release 7 (hspa) : downlink 21 mbps, uplink 11 mbps.

  3. hazimahmadi says:

    at fiqih. Kedua teknologi menggunakan CDMA sebagai metode aksesnya. Yang membedakan adalah kecepatan chip dimana HRPD (Ev DO) menggunakan chip rate 1,.. Mcps (sorry lupa) sedangkan WCDMA (3G GSM) menggunakan 3,84 Mcps. Selain itu perbedaannya adalah EV DO multiple carrier sedangkan 3G GSM menggunakan single carrier.
    Parameter yang menentukan sama seperti Ec/I0, FER, Tx, etc.

    Salam,
    Hazim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s