Google: 2009 tahunnya Android


Raksasa web Google berencana turun gunung meramaikan pasar industri telepon seluler canggih dengan terminal Android. Jadi telepon canggih buat akses Internet makin banyak saja setelah Nokia dengan seri E, RIM dengan berbagai tipe Blackberry-nya, juga Apple yang mengeluarkan Iphone maka tambah lagi Android muncul di pasaran.

CEO Google Eric Schmidt bilang kalau Android yang didukung oleh Google dan dikembangkan oleh Open Handset Alliance (OHA) bakal sangat kuat di tahun ini. Selain dipakai oleh terminal ini, Google juga dipakai oleh terminal G1 produk HTC, sekarang digunakan di jaringan T-Mobile.

Lagi-lagi sepertinya isu operating system (OS) sedang hangat dibicarakan orang karena ternyata boomingnya mobile Internet berpengaruh besar pada tiga sektor industri yaitu handset vendor, operator penyedia jaringan seluler dan platform/OS vendor. Dari pooling para ahli, yang bakal meraup untung terbesar dari perang aplikasi mobile Internet ini adalah vendor handset.

Android dari Google ini rencananya memang menggunakan platform yang lebih open source sehingga membuka ruang bagi vendor device untuk bergabung. Tentu anda tahu pesaing platform atau OS mobile Internet yang lainnya diantaranya adalah Symbian, Windows mobile, Research in Motion (RIM), dan Limo Foundation. Di tulisan yang lalu saya sebutkan bahwa ternyata yang bakal menang katanya Symbian yang sekarang sudah diakuisisi Nokia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s