PHK di Nokia


nokia-ho

 

Oleh: Hazim Ahmadi

Bulan Pebruari lalu, Nokia mengundang sekitar 1000 pegawainya dari seluruh dunia untuk mendaftar pengunduran diri secara sukarela. Pengajuan pengunduran diri ini dibuka hingga 31 Maret atau hingga tercapai jumlah seribu orang.

Pada bulan Maret lalu akhirnya untuk alasan perampingan Nokia mengurangi pekerjaan bagian Device dan Marketing. Disamping itu terjadi pula rencana perampiran pegawai menyusul rencana akuisisi Nokia terhadap R&D-nya Symbian, perusahaan pengembang OS smart phone yang selama ini juga dipakai Nokia. Dengan demikian sekitar 1700 pegawai bakal terimbas kena PHK.

Laying off beberapa pekerjaan research and development di Finlandia berakibat pula pada pemotongan jumlah karyawan di bagian lain. Seperti banyak diberitakan oleh media, selama kwartal keempat 2008 Nokia tergabung dengan lima nama vendor besar lainnya yang mengalami penurunan produksi handset hingga 15 persen menjadi 113,1 juta unit, turun dari sebelumnya 117,8 juta unit pada kwartal ketiga 2008.

Sepertinya iklim kompetisi yang ketat membuat vendor infrastruktur telekomunikasi lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya. Dengan makin saturasinya bisnis seluler, nanti akuisisi, merger ataupun konsolidasi bakal mewarnai industri telekomunikasi di tingkat operator. Lihat saja, lima tahun ke depan jumlah operator seluler dan fixed wireless access di Indonesia yang hingga hari ini masih 12 operator bakal berkurang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s