Menjaga Iman


Mempertahankan keimanan senantiasa dengan grafik tren naik memang tidak selalu mudah. Asal jangan sampai berada di bawah sumbu x probably it’s ok for anybody, but not to me. Ragam lingkungan yang kita masuki sebagai dampak aktifitas bekerja dan sosial membuat fluktuasi iman seperti fluktuasi harga saham di lantai bursa. 

Bergaul dengan orang-orang yang memelihara diri adalah salah satu kuncinya. Keluaran dari bergaul dengan teman yang sering shaum dengan orang banyak nonton pasti berbeda. Demikian juga keluaran hasil gaul dengan orang yang sering sholat jama ah dengan orang-orang yang lebih dulu makan siang atau lebih baik nunggu jam 6 pagi tentu akan beda.  Keluaran hasil gaul dengan orang – orang yang sering mengkaji Al Qur an dengan orang-orang yang lebih suka baca novel or komik pasti berbeda. Semua adalah pilihan. Dan kita harus cerdas memilihnya manakah yang sesuai dengan tujuan akhir hidup kita dan cita-cita kita.

Namun menyendiri atau mengasingkan diri dari pergaulan manusia demi menjaga agar agama kita tidak rusak juga bukanlah jalan yang bijaksana untuk diambil. Mungkin ini aman bagi diri pelaku namun tidak berkontribusi memberikan warna nilai keislaman yang difahaminya bagi orang awam.

Solusi yang efektifg diambil adalah tetap bergaul dan menjalankan kegiatan muamalah dengan siapa saja namun tetap mengalokasikan waktu untuk tetap belajar agama baik secara jama a maupun ketika berada sendirian. Adalah disiplin langkah berikutnya untuk selalu menetapi jadwal yang telah direncanakan tersebut misalnya setelah subuh harus membaca hadits, ya dalam kondisi apapun dipaksakan untuk dapat dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s