BlackBerry Storm Datang


Oleh : Hazim Ahmadi

 

RIM baru saja meluncurkan telepon layar sentuh pertamanya BlackBerry Storm.

Storm menambah panjang daftar portofolio BlackBerry dalam perangkat canggih dan melanjutkan evolusi RIM di luar pasar utama ke dalam segmen “prosumer” dan konsumer.

Handset ini sepertinya dapat dibandingkan dengan iPhone, tetapi lebih dalam fitur: multi-tap layar yang bisa diklik dengan navigasi terpisa dan area konfirmasi, masa hidup batere lebih lama, dapat di-expand, memori micro SD, profil Bluetooth lebih banyak dan mode keyboard full qwerty. Blackberry juga muncul dengan kelebihan di sisi sekuriti dan integrasi terkait dengan mereknya.

RIM juga mengklaim handset tersebut sedang dalam pengembangan sejak sebelum iPhone pertama kali diluncurkan sehingga tidak bisa langsung dibandingkan.

Pada penampilan pertama, Storm kelihatannya sudah ekselen tetapi keinginan meningkatkan pertumbuhan pasar konsumer RIM harus mempertimbangkan diversifikasi line-up handsetnya lebih jauh dan memproduksi perangkat yang lebih fokus berorientasi konsumer.

Diharapkan Storm dilempar ke pasar dengan harga yang lebih murah dibanding BlackBerry Bold. Di Asia Pasifik, handphone ini pertama akan diluncurkan oleh Vodafone ekslusif di Australia, New Zealand dan India.

 

Source: Nathan Burley/Ovum

telecomasia.net

2 thoughts on “BlackBerry Storm Datang

  1. hazimahmadi says:

    Benar, kalau BB memasarkan produknya dengan pola kerjasama operator seluler. Seperti Vodafone di Australia dan India. Kalau di Indonesia, Vodafone adalah mitra-nya XL.
    Tapi 3 operator besar di Indonesia sudah kerjasama dengan BB, baik Tsel, Isat dan XL. Kalau mau ganti dari satu operator ke operator lain secara teknis bukan masalah, tetapi secara bisnis atau regulasi yang saya tidak tahu.

  2. putrichairina says:

    Setahu Saya, Blackberry memasarkan produknya tidak lewat retail, tetapi dengan menjalin kerjasama dengan operator sehingga ketika membeli Blackberry sudah tercakup gsm operator disana.
    Nah, pertanyaan Saya, apakah pengguna Blackberry Indonesia dapat mengganti pilihan operator yang sudah default ketika pembelian awal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s