Thailand Siap ke HSPA


Oleh : Hazim Ahmadi

Operator seluler Thailand siap menginvestasikan sekitar 4 milyar USD untuk mengembangkan layanan pita lebar bergerak (HSPA) selama tiga tahun ke depan seiring dengan keputusan pemberian lisensi spektrum baru dan dikeluarkannya izin penggunaan frekuensi bergerak 3G eksisting, seperti diberitakan GSMA, badan perdagangan dunia untuk industri bergerak.

 

GSMA berharap pemerintah memproses pemberian lisensi 3G secepatnya agar Thailand dapat segera mendapatkan keuntungan layanan Pitalebar Begerak, yang membuat pengguna seluler di Thailand dapat mengakses informasi kesehatan, pendidikan, lowongan kerja, pertanian perkebunan, dan aspek kehidupan lainnya. Penggelaran 3G, di-enhanced dengan HSPA, akan dapat meningkatkan ketersediaan layanan pitalebar di Thailand – hanya 2.2 % rumah yang mempunyai koneksi pita lebar saat ini.

 

“Pemberian lisensi pita 2.1GHz akan membantu Thailand untuk menghilangkan digital divide antara area urban dan rural, dan antara rakyat Thailand dan negara Asia Tenggara lainnya,” kata Ricardo Tavares, Senior Vice President for Public GSMA. “Saat spektrum ini memenuhi kebutuhan untuk tiga tahun ke depan, pemerintah juga harus mulai berpikir ke depan merencanakan spektrum pita 2,5GHz untuk layanan Pitalebar Bergerak menggunakan struktur yang dapat mengakomodasi pendekatan yang berbeda.”

 

GSMA juga memanggil otoritas regulator negara ini, National Telecommunications Commission of Thailand (NTC), untuk menjamin proses lisensi adalah equitable dan spektrum 2.1GHz dialokasikan dimana semua operator mendapatkan kapasitas yang cukup tanpa menimbulkan interferensi.

Source: GlobalComms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s