Selamat Ulang Tahun Nak!


 

Oleh: Hazim Ahmadi

Selamat ulang tahun ya Nak!

Ridhwan Salim Ahmadi adalah anak ketigaku. Dia lahir pada 24 Juni 2008 melalui operasi cesar. Cesar ditempuh sebagai cara untuk melahirkan karena kandungan istriku mengalami polyhidramnion (kelebihan cairan ketuban). Selain itu tindakan ini dilakukan juga merupakan usaha mengurangi stress pada bayi pasca kelahiran agar meminimisasi potensi kuning.

Namun ketika dilahirkan si kecil tetap saja mengalami hyperbilirubin, dimana kadar bilirubin dalam darah bayi sudah mencapai 12 gr/dl pada 10 jam pertama setelah kelahiran. Dikatakan hyper karena pada umumnya bayi mempunyai kadar bilirubin dalam darah lebih dari 7 gr/dl setelah 3 kali 24 jam setelah kelahiran. Mendengar keterangan perawat bahwa anak saya menderita kuning, lemaslah badan saya.

Anak pertama dan kedua saya meninggal ketika mau dilahirkan dan setelah dilahirkan. Yang pertama meninggal dalam kandungan ketika usia kandungan telah mendekati 9 bulan. Tidak diketahui mengapa sehingga tiba-tiba istri merasa curiga bayi tidak banyak bergerak pagi hari ketika mengambil air wudlu. Ketika diperiksakan ke dokter kandungan, dinyatakan bahwa si jabang bayi telah meninggal sehari sebelumnya.

Sedangkan anak kedua dilahirkan juga sebelum waktunya, namun usia bayi sudah mencukupi untuk dilahirkan. Ketika dilahirkan dengan kondisi normal sebagai berikut: berat badan 3,45 kg, panjang 49 cm, kondisi sehat, nangis, bersin dan sesuai keterangan dokter anak bagus. Namun sehari setelahnya si kecil mengalami kuning hingga 14 gr/dl pada 1 kali 24 jam berikutnya. Oleh dokter anak dilakukan penyinaran dan tidak diperbolehkan diberikan ASI. Namun 2 kali 24 jam berikutnya kondisi menjadi tambah buruk karena ternyata kandungan bilirubin anak menjadi 26 gr/dl. Saya dan istri yang tidak mengerti bahwa kuning pada fase seperti ini bahaya menurut saja ketika dokter anak mau mengambil tindakan exchange transfussion darah anak agar tertolong. Rupanya takdir mengatakan lain, kami berdua sayang terhadap anak kami, namun Allah sebagai pemilik lebih sayang terhadap dia, anak kedua kami tidak tertolong lagi. Sedih, haru, kecewa terhadap ketelodoran rumah sakit, bingung dan tidak bersemangat yang kami rasakan pada saat itu.

Malamnya dilakukan transfussion exchange dengan darah 0 antibody rendah. Hyperbilirubin ini terjadi karena golongan darah istri 0 dan saya B homozygote sehingga semua anak yang dilahirkan pasti bergolongan darah B. Karena ibu bergolongan darah 0, maka ketika tali pusar diputus, hati anak bekerja sendiri mengatasi proses fisiologis tubuh anak. Karena masih baru sedangkan darah 0 ibu sangat kuat maka anak kewalahan mengatasi melimpahnya bilirubin ini. Maka darah anak diganti dengan darah 0 antibody rendah melalui tindahan transfusi tukar.  Alhamdulillah proses tersebut berjalan sukses. Terima kasih dokter Sanjaya di Borromeus yang dengan lihai dan telaten menangani medication anakku ini.

Namun dokter anak yang menangani si kecil belum mengizinkan pulang hingga kadar bilirubin anak mencapai 3 gr/dl. Slowly but surely kadar billirubin dalam darah si kecil menurun. Hari pertama setelah transfusi pada sore hari atau sekitar 20 jam setelah operasi menjadi 15 gr/dl. Hari kedua menjadi 14.5 gr/dl, hari ketiga menjadi 13.9 gr/dl terus ….hingga pada hari ke-19 menjadi 3.0 gr/dl dan diizinkan pulang.

Sejak keluar dari rumah sakit, kami masih diminta untuk memeriksakan dan control keadaan si kecil. Tak terasa hingga hari ini tepat 24 bulan berjalan sejak dia dilahirkan kondisi kesehatan normal-normal saja. Pada sekitar umur satu tahun si kecil jatuh dari speaker set DVD Player hingga bibirnya pecah dan memberikan tanda. Eeeh…tadi malam di satu hari sebelum genap dua tahun jatuh dari meja kerja ku hingga bibirnya berdarah lagi. Maafin ayah ya Nak!

Selamat ulang tahun yang kedua, semoga tumbuh besar, sehat wal afiat, cerdas, pintar, beriman dan mempunyai hafalan Al Qur an yang lebih banyak dari ayahnya. Amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s