TV Digital: Beli LCD TV atau STB saja


Televisi digital free-to-air jadi diresmikan Presiden Indonesia pada 20 Mei 2009, di Hall Senayan City Jakarta. Konsorsium ini beranggotakan enam penyelenggara siaran televisi yaitu SCTV, Metro TV, Trans TV, Trans7, ANTV, TV One dan konsorsium LPP TVRI Telkom, serta konsorsium Tren Mobile TV dan Konsorsium Telkom-Telkomsel-Indonusa. Langkah ini menyusul keberhasilan ujicoba lapangan beberapa waktu lalu di kalangan terbatas. Indonesia akhirnya memilih teknologi siaran yang sesuai yaitu Digital Video Broadcasting Terestrial (DVB-T), setelah membandingkan dengan beberapa teknologi lainnya seperti Media FLO, DMB-T dan teknologi lainnya. Memang teknologi ini selain mempunyai spasi kanal yang lebarnya sama dengan kondisi televisi analog kita, juga banyak digunakan pada pita frekuensi UHF/VHF seperti di Indonesia. Artinya nanti ketersediaan perangkat bukan menjadi isu lagi ketika melakukan pengadaaan infrastruktur.

Menurut Direktur KTDI Supeno Lembang dalam masa uji coba ini, masyarakat yang bisa menikmati siaran digital adalah pemirsa yang telah memperoleh set top box, sebuah perangkat penerima yang telah dilengkapi DVB-T turner untuk dapat menerima siaran digital, dimana alat ini dapat dibeli di toko-toko elektronik terdekat.

TV beralih dari CRT (tabung) ke Plasma dan LCD.

Direncanakan tahun 2014, penyiaran televisi analog tidak akan beroperasi lagi. Namun demikian pemirsa tidak perlu mengganti pesawat TV analog yang dipunyai, bila menambahkan Digital Set Top Box untuk dapat menerima siaran digital. Keuntungan dari TV Digital adalah gambar yang lebih baik dengan kualitas DVD, suara yang lebih baik dengan kualitas CD Stereo-Surround Sound, konten lebih dan fitur baru EPG (Electronic Programming Guide). Dengan EPG jadwal acara langsung dapat dipilih di pesawat TV yaitu timer, recorder, games dan informasi lainnya.

Beralihnya televisi siaran analog ke digital akan memberikan tambahan cadangan pita frekuensi di VHF yang nantinya dapat digunakan untuk kepentingan lain misalnya telekomunikasi.

About these ads

5 thoughts on “TV Digital: Beli LCD TV atau STB saja

  1. hazimahmadi says:

    @Rivan_arief: Sampai saat ini tv digital masih tahap percobaan. Nanti kalau sudah diimplementasikan akan mudah mendapatkan set top box. Kalau pengin sekarang belinya, coba saja, kalau anda di jakarta, datang ke komplek pertokoan Senen, di lantai atas yang dekat dengan aksesoris mobil. Saya pernah beli di sana.

    hazim

  2. Rivan_arief says:

    Saya membutuhkan dan serius membeli SET TOP BOX . Dimana toko elektronik dan alamatnya menjual SET TOP BOX. Tolong kabari saya dan kirim emailnya.tx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s